Ngareanak - PEMDES NGAREANAK GELAR MUSYAWARAH DESA KHUSUS BLT DD TAHUN ANGGARAN 2023

PEMDES NGAREANAK GELAR MUSYAWARAH DESA KHUSUS BLT DD TAHUN ANGGARAN 2023

ngareanak.desa.id - Pemerintah Desa Ngareanak menggelar Musyawarah Desa Khusus Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (Musdesus BLT DD) Tahun Anggaran 2023 pada hari Sabtu (24 Desember 2022), Jam 20.00 s/d selesai, di Aula kantor desa Ngareanak. Musyawarah tersebut dihadiri oleh Camat Singorojo beserta Tim Kecamatan, Pendamping Desa, Kepala Desa Ngareanak beserta Perangkat Desa, Ketua BPD beserta Anggota, serta segenap unsur RT dan RW Desa Ngareanak.

Bp. Agung Widjojo,S.Sos selaku Kepala Desa Ngareanak dalam sambutannya menyampaikan bahwa berdasarkan pasal 6 ayat 2 huruf I Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 penggunaan Dana Desa untuk prioritas nasional sesuai kewenangan Desa adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Bp. Sunarto, S.Sos selaku  Camat Singorojo dalam sambutannya menyampaikan bahwa kriteria penerima BLT DD untuk TA. 2023 sudah berbeda dengan tahun sebelumnya. Adapun kriteria KPM BLT DD TA. 2023 yaitu keluarga miskin yang berdomisili di Desa bersangkutan dan diutamakan untuk keluarga miskin ekstrem, keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis, keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia, dan keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel.

Selanjutnya Bp. Rohadi, S.H selaku Staf Kasi Pemerintahan Kecamatan Singorojo menambahkan bahwa daftar KPM BLT DD harus ditetapkan dengan Perkades dengan mendasarkan pada BA Musdesus BLT DD TA. 2023. "Besaran BLT DD yang ditetapkan sebesar Rp.300.000,- selama 12 bulan, adapun BLT DD yang dialokasikan minimal 10% dan maksimal 25% dari pagu Dana Desa" ungkap beliau.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi interaktif yang dipimpin oleh Kepala Desa Ngareanak guna membahas calon Keluarga Penerima Manfaat BLT DD Tahun Anggaran 2023. Berdasarkan hasil Musyawarah Desa Khusus, maka diperoleh hasil akhir sebanyak 52 (Lima Puluh Dua) Calon KPM BLT DD Tahun Anggaran 2023.

"pemdesngareanakmaju"


Dipost : 28 Desember 2022 | Dilihat : 746

Share :