Ngareanak - MUSRENBANGDES DESA NGAREANAK TAHUN ANGGARAN 2023

MUSRENBANGDES DESA NGAREANAK TAHUN ANGGARAN 2023

ngareanak.desa.id-Pemerintah desa Ngareanak mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) TA. 2023 di Aula Kantor Desa Ngareanak pada Rabu (26 Januari 2022), Jam 13.00 s/d selesai. Ini merupakan kegiatan rutin diawal tahun dan merupakan musyawarah terbuka yang diwakili unsur desa yaitu RT, RW, BPD dan jajaran Perangkat Desa Ngareanak, yang mana di monitoring dan di arahkan oleh pihak kecamatan Singorojo dari bagian Kasi Pemerintahan, dan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Musyawarah tersebut dipimpin oleh Bp. Wangsit Sarjito selaku Ketua BPD Ngareanak, dan dihadiri langsung oleh Camat Singorojo Bp. Sunarto S.Sos sekaligus ikut serta memonitoring dan mengarahkan musyawarah ini bersama dengan Bp. Rohadi S.H dari Kasi Pemerintahan, Bp. Hanif Windradi S.H dari Kasi Pemberdayaan Masyarakat.

Acara dibuka oleh Bp. Agung Widjojo S.Sos selaku Kepala Desa Ngareanak, beliau menyampaikan kepada peserta Musrenbangdes rasa terimakasih telah meluangkan waktunya menghadiri acara ini untuk bersama sama memajukan desa Ngareanak menjadi lebih baik di tahun yang akan datang. 

Selanjutnya Bp. Sunarto S.Sos selaku Camat Singorojo beliau menyampaikan kepada peserta musyawarah untuk berperan aktif dalam mengusulkan usulan usulan positif yang kepentingannya akan kembali untuk desa itu sendiri, yang kemudian di lanjutkan oleh Bp. Rohadi S.H selaku Kasi Pem. Kecamatan Singorojo beliau menjelaskan perihal bahwa segala bentuk Pembangunan dan Belanja yang berasal dari desa Wajib dipublikasikan, wajib diinformasikan ke publik masyarakat desa agar tetap transparan.

Beliau menegaskan bahwa segala kegiatan desa bisa diusulkan dan dibiayai oleh Desa, Kabupaten, Provinsi, dan Pemerintah Pusat, semua itu harus dirancang dan dipersiapkan secara matang dan jelas dengan melampirkan proposal kegiatan. Dalam musyawarah ini bukan soal infrastruktur saja yang terus dibahas, akan tetapi bisa mengarah kepada SDM desa yang targetnya adalah pemuda.

Bp. Hanif Windradi S.H selaku Kasi PMD Kecamatan Singorojo menyampaikan tentang Tema Desa, mau mengarah kemanakah tema desa yang cocok untuk Desa Ngareanak, apakah Desa Wisata, apakah Desa Home Industri, atau Desa Agraris. beliau mengusulkan agar desa Ngareanak menjadi Desa Wisata untuk selanjutnya di musyawarahkan oleh ketua BPD dan peserta mengenai Wisata apa yang pantas di Ngarenak ini.

Musyawarah diakhiri dengan pembacaan kesimpulan 5 prioritas usulan yang disepakati oleh Bp. Udiawan selaku Sekretaris Desa Ngareanak. Adapun usulan - usulan tersebut yaitu:

1 Pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU)
2 Pelatihan Pengolahan dan Packing Produk
3 Pelatihan Pasca Panen Kopi dan Pengadaan Roasting
4 Pelatihan Desain Grafis
5 Pelatihan UMKM (Pengembangan Hasil Bumi di Desa Ngareanak)

 

"pemdesngareanakmaju"

 

* * *


Dipost : 28 Januari 2022 | Dilihat : 677

Share :