Ngareanak - KAGIATAN ORIENTASI NATURAL LEADER MENUJU STBM BERKELANJUTAN

KAGIATAN ORIENTASI NATURAL LEADER MENUJU STBM BERKELANJUTAN

ngareanak.desa.id - Dinas Kesehatan menggelar pelaksanaan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan pasca Open Defecation Free (ODF) pada hari Kamis tanggal 17 Oktober 2019, Jam 08.00 wib s/d selesai, di Ruang Merak Tirto Arum Kendal. Peserta dalam kegiatan tersebut terdiri dari beberapan Natural Leader STBM Desa yang berada di Kabupaten kendal. Untuk Kecamatan Singorojo diwakili oleh 2 peserta yaitu Natural Leader Desa Ngareanak (Bp. Pamuji) dan Natural Leader Desa Kedungsari (Ibu Fitri).

Pembanguan sanitasi di Indonesia mengalami beberapa tantangan, salah satunya adalah perilaku penduduk yang terbiasa buang air besar (BAB) secara sembarangan disembarang tempat, khususnya kebadan air yang juga digunakan untuk mencuci, mandi, dan kebutuhan higienis lainnya. Buruknya kondisi sanitasi merupakan salah satu penyebab kematian anak dibawah 3 tahun yaitu sebesar 19 % atau sekitar 100.000 anak meninggal karena diare setiap tahunnya. Untuk itulah sangat diperlukan sekali peran serta pemerintah dalam mengatasi hal ini tak terkecuali juga pemerintahan paling bawah yaitu pemerintahan desa.

Sanitasi Total Berbasis Masyarkat (STBM) adalah pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Pendekatan partisipatif ini mengajak masyarakat untuk menganalisa kondisi sanitasi melalui proses pemicuan yang menyerang/ menimbulkan rasa ngeri dan malu kepada masyarakat tentang pencemaran lingkungan akibat BABS.

Tujuan Program Sanitasi Total Berbasi Masyarakat (STBM) adalah menciptakan suatu kondisi masyarakat mempunyai akses dan menggunakan jamban sehat, Mencuci tangan pakai sabun dan benar sebelum makan, setelah BAB, sebelum memegang bayi, setelah menceboki anak dan sebelum menyipakan makanan, Mengelola dan menyimpan air minum dan makanan yang aman, Mengelola sampah dengan baik, serta Mengelola limbah rumah tangga ( cair dan padat).

Open Defecation Free yang selanjutnya disebut sebagai ODF adalah kondisi ketika individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Sedangkan jamban sehat adalah fasilitas pembuangan tinja yang efektif untuk memutus mata rantai penularan penyakit. Program ini merupakan program pemberdayaan masyarakat yang mengacu pada pemberdayaan dibidang kesehatan masyarakat dalam rangka  mensukseskan program GERMAS, Gerakan Masyarakat Sehat ” STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN”.

Dalam kegiatan tersebut juga terdapat sesi praktek membuat bunga dari sampah plastik. Diharapkan dengan diajarkannya membuat bunga dari sampah plastik tersebut dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi sampah plastik disekitar kita. Semoga para Natural Leader dapat mensukseskan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan pasca Open Defecation Free (ODF) karena mereka dapat bersentuhan langsung dengan masyarakat dan paham dengan kondisi dilingkungannya.

"pemdesngareanakmaju"


Dipost : 17 Oktober 2019 | Dilihat : 3669

Share :