Ngareanak - DITPENDUK GELAR WEBINAR KAMPUNG KB CEGAH STUNTING

DITPENDUK GELAR WEBINAR KAMPUNG KB CEGAH STUNTING

Ngareanak.desa.id - Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-29 Tahun 2022 dan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat tentang stunting khususnya kader di Kampung KB maka Direktorat Kerjasama Pendidikan Kependudukan menggelar webinar dengan tema Kampung KB Cegah Stunting. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis (16 Juni 2022), Jam 08.00 s/d selesai, melalui aplikasi zoom meeting dan streaming youtube.tersebut diikuti oleh para kader Kampung KB dan masyarakat umum sejumlah 1000 peserta. Ibu Nikanthi Titi Andiyani mengikuti webinar tersebut sebagai perwakilan dari Kampung KB Patukan Asri Desa Ngareanak, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal.

Adapun narasumber dalam webinar tersebut yaitu:

1. dr. Rina Agustina, M.Sc., Ph.D selaku Ketua Ini Masa Penting (Inisiasi Pemetaan Sosial dan Pendampingan Pencegahan Stunting) AIPGI-Dosen FK UI
2. Aprilia Robiyatun selaku Kader Kampung KB Utama Mandiri, Jawa Tengah
3. dr. Yoan Clara Teken, MD selaku Aktivis Sosial Stunting - Runner Up 5 Puteri Indonesia 2020

Berdasarkan hasil Studi Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) tahun 2021, persentase balita stunting (pendek dan sangat pendek) tahun 2021 adalah 24,4%. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan angka stunting yaitu dengan mengedukasi kelompok sasaran yang ada di Kampung Keluarga Berkualitas diantaranya calon pengantin dan pengantin baru, ibu hamil, ibu menyusui, ibu yang memiliki anak balita agar menyiapkan kesehatan fisik dan mental untuk mencegah dan menangani balita stunting, sehingga ketika bayi lahir sampai usia 2 tahun masih bisa dilakukan modifikasi dan intervensi agar tidak menjadi stunting.



"pemdesngareanakmaju"

 


Dipost : 21 Juni 2022 | Dilihat : 466

Share :