Ngareanak - DISPERMASDES GELAR SOSIALISASI DAN PEMBINAAN BUMDES SE-KABUPATEN KENDAL

DISPERMASDES GELAR SOSIALISASI DAN PEMBINAAN BUMDES SE-KABUPATEN KENDAL

ngareanak.desa.id - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kendal menggelar Sosialisasi dan Pembinaan BUM Desa dengan tema "Urgensi Pemberdayaan BUM Desa sebagai Penggerak Perekonomian untuk Mendukung Prioritas Pembangunan Nasional di Kabupaten Kendal" pada hari Rabu (08 Maret 2023), Jam 09.00, di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal. Kegiatan tersebut diikuti oleh Camat, Kepala Desa, dan Ketua BUM Desa se-Kabupaten Kendal. Untuk Desa Ngareanak diwakili oleh Kepala Desa Ngareanak dan Direktur BUM Desa "Mitra Jaya Abadi".

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Bp. Dico M. Ganinduto selaku Bupati Kendal. Beliau menyampaikan bahwa Badan Usaha Milik Desa merupakan bagian penting dari peningkatan ekonomi Desa. “BumDes sangat penting dalam rangka mendukung dan mewujudkan program pemerintah dalam mengatasi kemiskinan dan mengangkat taraf ekonomi masyarakat desa, sehingga kedepan mampu memberikan Pendapatan Asli Desa (PADes),” tutur beliau.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Kendal, Bp. Yanuar Fatoni menyampaikan bahwa jika pemerintah telah menyusun rancangan peraturan Bupati terkait dengan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk ketahanan masyarakat yang fokusnya untuk pengembangan BUM Desa, dimana nantinya bantuan kepada Desa terkait BUM Desa akan berbeda sesuai dengan adanya kategori desa.

Adapun berdasarkan data dari Dispermasdes Kabupaten Kendal perkembangan Bum Desa terdapat 142 BUM Desa dari 241 BUM Desa yang telah terbentuk. 90 terverifikasi, 23 Berbadan Hukum Terverifikasi, 23 Perbaikan Dokumen Badan Hukum, 4 Perbaikan Nama, dan 2 pendaftaran Badan Hukum. Sedangkan 18 BUMDes Bersama (BUMDesma), dengan rincian 16 dari transformasi eks PNPM-MPd dan 2 BUMDesma biasa, yaitu terverifikasi nama sebanyak 9, perbaikan dokumen sebanyak 7, pendaftaran badan hukum sebanyak 1 dan berbadan hukum sebanyak 1 BUMDesma. 

 

"pemdesngareanakmaju"


Dipost : 10 Maret 2023 | Dilihat : 145

Share :