Ngareanak - STUDY BANDING KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DI PEMDES JATILOR KECAMATAN GODONG

STUDY BANDING KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DI PEMDES JATILOR KECAMATAN GODONG

ngareanak.desa.id -  Dinas Informasi dan Komunikasi (Diskominfo) Kabupaten Kendal melakukan Study Banding Keterbukaan Informasi Publik di Desa Jatilor, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu (15 Mei 2024), Jam 10.30 s/d selesai, di Kantor Desa Jatilor, serta diikuti oleh Perwakilan Diskominfo Kabupaten Kendal, Perwakilan Dispermasdes Kabupaten Kendal, Camat Singorojo, Camat Patean, Camat Kangkung, PPID Desa Ngareanak Kecamatan Singorojo, PPID Desa Kalibareng Kecamatan Patean, PPID Desa Truko Kecamatan Kangkung.

Bp. Bambang selaku Perwakilan Dispermasdes Kabupaten Grobogan menyampaikan bahwa dalam penilaian E-Monev Komisi Informasi Jawa Tengah Tahun 2023, Desa Jatilor mendapat nilai indeks 100 (excellent) dan berhasil meraih Peringkat I KIP Jateng Award Tahun 2023. Selain itu Desa Jatilor juga menjadi percontohan Desa Anti Korupsi dengan nilai indeks 96.

Bp. Ardhi Prasetiyo selaku Kepala Diskominfo Kabupaten Kendal menyampaikan ucapan terimakasih karena para rombongan dari Kabupaten Kendal sudah diiterima dengan baik serta beliau berharap dengan dilaksanakannya kegiatan study banding pada hari ini dapat menjadi wadah untuk berbagi informasi terkait implementasi keterbukaan informasi publik di Desa Jatilor.

Selanjutnya Bp. Purwadi selaku Kepala Desa Jatilor menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan study banding dari Kabupaten Kendal yang telah berkenan mengunjungi Kantor Desa Jatilor. Beliau menjelaskan bahwa Perangkat Desa Jatilor sudah bekerja sesuai tugas dan fungsinya. "Untuk administrasi di kantor saya serahkan kepada Sekretaris Desa untuk mengkoordinir, sedangkan saya akan menghandle kebijakan di masyarakat" pungkas beliau.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bp. Suparwan selaku Sekretaris Desa Jatilor. Beliau menjelaskan bahwa tujuan dari PPID Desa Jatilor adalah menjadi Desa yang Inovatif, Transparan dan Akuntable. Berbagai inovasi dilakukan oleh PPID Desa Jatilor untuk memudahkan para warganya diantaranya Aplikasi Canti jelita, Aplikasi PPID Desa Jatilor, WA Group Informasi Publik Desa, Aplikasi Buku Tamu Digital, Semilir, Menu pembaca layar di website Desa Jatilor untuk memudahkan para penyandang disabilitas.

Semoga dari Studi Banding ini dapat menambah ilmu dan pengalaman dalam menjalankan tugas sebagai PPID serta lebih siap dalam mengikuti Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Pemerintah Desa Kabupaten Kendal Tahun 2024.

 

"pemdesngareanakmaju"


Dipost : 16 Mei 2024 | Dilihat : 103

Share :