Ngareanak - KECAMATAN SINGOROJO GELAR RAKOR PERCEPATAN PENYUSUNAN APBDES TA. 2023

KECAMATAN SINGOROJO GELAR RAKOR PERCEPATAN PENYUSUNAN APBDES TA. 2023

ngareanak.desa.id - Pemerintah Kecamatan Singorojo mengadakan Rapat Koordinasi Pemerintah Desa Percepatan Penyusunan Perdes APBDes Tahun Anggaran 2023 pada hari Jumat (23 Desember 2022), Jam 08.00 s/d selesai, di Aula Kecamatan Singorojo. Kegiatan tersebut diikuti oleh Sekcam Kecamatan Singorojo, Kasi Pemerintahan Kecamatan Singorojo, Staf Pemerintahan Kecamatan SIngorojo, serta Sekretaris Desa dan Kaur Perencanaan se-Kecamatan Singorojo.

 

Bp. Turyono, S.H selaku Sekcam Kecamatan Singorojo dalam sambutannya menyampaikan bahwa program desa mutlak titik tumbuhnya di perencanaan, maka dari itu perencanaan benar-benar harus matang dan dikoordinasikan dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sehingga akan berjalan maksimal dan lancar. "Pendamping desa harap diberdayakan serta kooperatif dengan desa-desa di Kecamatan Singorojo terutama di Desa Cacaban, Sukodadi, dan Cening yang belum input RAPBDes, dan apabila ada keterlambatan atau hambatan harap segera koordinasikan dengan Kecamatan" tutur beliau.

Bp. Rohadi, S.H selaku Kasi Pemerintahan Kecamatan Singorojo menyampaikan bahwa penyusunan Perdes APBDes TA. 2023 wajib memasukan BLT DD melalui Musdesus dengan kriteria sesuai Permendes PDTT Nomor 8 Tahun 2022 yaitu keluarga miskin yang berdomisili di Desa yang bersangkutan dan diutamakan untuk keluarga miskin ekstrem, keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis, keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia, serta keluarga yang terdapat anggota kelaurga difabel. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian progres penyusunan APBDes dan mapping terkait keanggotaan BPD di masing-masing desa.

 

Selanjutnya Bp. Achmad Jaeni, S.H selaku Staf Pemerintahan Kecamatan Singorojo menyampaikan bahwa terkait penganggaran Bidang Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat dan Mendesak terdapat tiga Sub Bidang yaitu Sub Bidang Penanggulangan Bencana untuk kegiatan Mitigasi Bencana seperti kebakaran, tananh longsor,dll, Sub Bidang Keadaan Darurat untuk kegiatan Covid -19, Demam Berdarah, dll, serta Sub Bidang Keadaan Mendesak yaitu kegiatan BLT DD.

"pemdesngareanakmaju"

 


Dipost : 17 Januari 2023 | Dilihat : 463

Share :