Ngareanak - ZIARAH MAKAM KI AGENG NGAREANAK DI DESA KALINONGKO KAB. TEMANGGUNG

ZIARAH MAKAM KI AGENG NGAREANAK DI DESA KALINONGKO KAB. TEMANGGUNG

ngareanak.desa.id - Kepala Desa Ngareanak Bp. Agung Widjojo,S.Sos bersama dengan perwakilan dari warga Desa Ngareanak yang terdiri dari Perangkat Desa, Lembaga Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Warga Desa Ngareanak bersama- sama ziarah ke Makam Ki Ageng Ngareanak atau yang di kenal dengan Ki Ageng Purboyoso Kusumo yang berada di Dusun Biron Desa Banaran Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung pada hari Jumat (19 Februari 2024), Jam 08.00 s/d selesai.

Bp. Agung Widjojo, S.Sos selaku Kepala Desa Ngareanak menyampaikan bahwa ziarah makam ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan secara bergantian setiap tahunnya, dimana apabila tahun ini kami (warga desa Ngareanak ziarah ke Dusun Biron Desa Banaran Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung maka tahun depan giliran warga desa Banaran yang akan ziarah ke makam Ki Ageng Kalinongko yang dimakamkan di Dusun Kaliwesi Desa Ngareanak Kec. Singorojo Kab. Kendal.

Dijelaskan pula, kegiatan ini terjadi karena dahulunya terjadi peperangan besar antara Ki Ageng Ngareanak dengan Ki Ageng Kalinongko. Sebelum berperang, Ki Ageng Ngareanak berpesan, agar apabila dalam peperangan itu keduanya mati sampyuh (mati semua), maka jasad yang membujur maka jenazah yang terbujur ke Selatan dibawa ke Kalinongko sedangkan jenazah yang terbujur ke Utara di bawa ke Ngareanak.

Para peziarah dari Desa Ngareanak merasa takjub dengan dengan adat masyarakat setempat, mereka saling berebut memberikan makanan untuk  diberikan kepada para peziarah.  Aura khas Jawa Islam yang dibalut dengan kenduran yang sangat menyatukan warga dari berbagai kalangan dan jabatan. Setelah selesai berdoa di Makam Ki Ageng Purboyoso Kusumo, dilanjutkan dengan makan bersama di sepanjang jalan pulang. Makanan tersebut dibawa oleh warga sekitar ketika akan berangkat ke makam.

Semoga dengan kegiatan ziarah tersebut dapat mempererat tali silaturahmi antara warga Desa Ngareanak dengan warga Desa Banaran dan warga Desa Kalinongko. Karena nilai esensi dari ziarah makam tersebut adalah untuk bersyukur kepada Tuhan semesta Alam atas segala karunia yang telah diberikan kepada kita.

"pemdesngareanakmaju"


Dipost : 24 Januari 2024 | Dilihat : 94

Share :