Ngareanak - NYADRAN MAKAM DUSUN PATUKAN

NYADRAN MAKAM DUSUN PATUKAN

ngareanak.desa.id - Seluruh warga Dusun Patukan Desa Ngareanak bersama-sama melaksanakan nyadran / selametan pada hari Jumat (26 Januari 2023), Jam 07.00 s/d selesai, di Makam Dusun Patukan. Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Rajab.

Istilah “Sadran” atau “Nyadran” berasal dari Bahasa Sansekerta “sraddha” yang artinya keyakinan. Sedangkan dalam bahasa Jawa, Nyadran berasal dari kata sadran yang artiya ruwah syakban.

Bp Jumiyo selaku Kepala Dusun Patukan dan Sdr. Rifky Alfaresky Adiputra selaku Kasi Pelayanan (Modin) ikut mendampingi kegiatan tersebut. 

Kegiatan diawali dengan bersama-sama membersihkan makam desa Ngareanak. Kemudian dilanjutkan dengan acara selametan atau makan bersama sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan.

Meskipun jenisnya merupakan budaya, Nyadran juga dipahami sebagai bentuk hubungan antara manusia dengan sang pencipta sekaligus mengingatkan tentang kematian. Umat muslim diingatkan kembali tentang akhir kehidupan dan keseimbangan hidup di dunia untuk mencari bekal di akhirat nanti.

 

"pemdesngareanakmaju"


Dipost : 26 Januari 2024 | Dilihat : 218

Share :