Ngareanak - SOSIALISASI PROGRAM BANTUAN SOSIAL PANGAN KABUPATEN KENDAL TAHUN 2019

SOSIALISASI PROGRAM BANTUAN SOSIAL PANGAN KABUPATEN KENDAL TAHUN 2019

ngareanak.desa.id - Dinas sosial Kabupaten Kendal menggelar sosialisasi program bantuan pangan Kabupaten Kendal tahun 2019 pada hari Selasa (29/10/2019), di aula Dekopinda Kendal. Kegiatan Sosialisasi tersebut diikuti 363 peserta dari Kades dan Camat serta PKH dan TKSK di Kabupaten Kendal dengan narasumber dari Perum Bulog dan Bank BTN. Ketua Tim Koordinasi Bantuan Sosial Pangan Kabupaten Kendal Sekda Moh. Toha, ST.,M.Si., membuka kegiatan Sosialisasi Program Bantuan Sosial Pangan. "Bantuan sosial non tunai yang dilakukan melalui sistim perbankan, harus tepat sasaran dan efektif menjangkau warga masyarakat yang membutuhkan" tutur beliau.

Bupati Kendal dr. Mirna Annisa hadir didampingi oleh Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita dan Dandim Kendal Letkol Ginda Muhammad Ginanjar. Bupati Kendal Mirna Annisa, yang sempat hadir kurang lebih 30 menit, karena akan melanjutkan perjalanan dinas ke Kecamatan Patean, pada kesempatan tersebut memberikan sambutan singkatnya bahwa dirinya mengharapkan di masa mendatang Keluarga Penerima Manfaat (KPM), tidak selamanya menjadi penerima bantuan. ” Keluarga penerima manfaat tidak harus menjadi buruh, tetapi bagaimana keluarga penerima manfaat ini mampu meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan bisa memberikan peluang baru yang dapat membantu warga di sekitarnya “, ungkap Mirna.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerjasama dengan bank. Diharapkan kegiatan sosialisasi tersebut mampu mendukung perilaku produktif penerima bantuan serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas program sehingga memudahkan mengontrol, memantau dan mengurangi penyimpangan serta tepat sasaran. 

"Saya mengharapkan, program bantuan Sosial Pangan Non Tunai bisa menjadi salah satu instrumen kebijakan Pemerintah dalam menurunkan tingkat kemiskinan. Selain itu juga berdampak bagi peningkatan kesejahteraan dan kemampuan ekonomi keluarga penerima manfaat," kata Bupati Mirna.

 

"pemdesngareanakmaju"


Dipost : 31 Oktober 2019 | Dilihat : 816

Share :